3 Plugin Cache WordPress Terbaik untuk Mempercepat WordPress Kamu

Hai Sobat Dtail,

Apakah kamu pernah mengalami situs WordPress kamu loadingnya lama/lemot? Jika iya, maka kamu wajib menggunakan plugin cache. Plugin cache adalah plugin yang berfungsi untuk menyimpan hasil render halaman WordPress, sehingga halaman tersebut dapat dimuat lebih cepat saat diakses oleh pengunjung. Serta cara untuk mempercepat wordpress kamu. Ada banyak plugin cache WordPress yang tersedia, namun tidak semuanya memiliki performa yang sama. Berikut adalah

3 plugin cache WordPress terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat WordPress kamu:

1. WP Rocket

WP Rocket

WP Rocket adalah plugin cache WordPress premium yang menawarkan fitur yang lengkap. Plugin ini mendukung berbagai jenis caching, termasuk caching statis, caching dinamis, caching pre-render, dan caching browser. Selain itu, WP Rocket juga memiliki fitur untuk mengoptimalkan gambar, mengoptimalkan CSS dan JavaScript, serta mengaktifkan HTTP/2.

Kelebihan:

  • Fitur lengkap
  • Performa yang baik
  • Mudah digunakan

Kekurangan dari plugin ini yaitu kamu harus membayar sekitar USD 59/Tahun atau Rp 915rb/tahun

2. LiteSpeed Cache

LiteSpeed Cache

LiteSpeed Cache adalah plugin cache WordPress gratis yang dikembangkan oleh tim LiteSpeed. Plugin ini mendukung caching statis, caching dinamis, caching pre-render, dan caching browser. Selain itu, LiteSpeed Cache juga memiliki fitur untuk mengoptimalkan gambar, mengoptimalkan CSS dan JavaScript, serta mengaktifkan HTTP/2.

Kelebihan:

  • Gratis
  • Performa yang baik
  • Mudah digunakan

Kekurangannya hanya bisa digunakan di server dengan web server LiteSpeed

3. W3 Total Cache

W3 Total Cache

W3 Total Cache adalah plugin cache WordPress gratis yang menawarkan fitur yang lengkap. Plugin ini mendukung berbagai jenis caching, termasuk caching statis, caching dinamis, caching pre-render, dan caching browser. Selain itu, W3 Total Cache juga memiliki fitur untuk mengoptimalkan gambar, mengoptimalkan CSS dan JavaScript, serta mengaktifkan HTTP/2.

Kelebihan:

  • Fitur lengkap
  • Performa yang baik
  • Gratis

Kekurangan dari plugin ini yaitu pengaturan yang lebih kompleks

Plugin cache yang cocok untuk kamu?

Itu semua tergantung pada kebutuhan dan budget kamu. Jika kamu ingin mendapatkan plugin cache dengan fitur yang lengkap dan performa yang baik, maka WP Rocket adalah pilihan yang tepat. Namun, jika kamu memiliki budget yang terbatas, maka LiteSpeed Cache atau W3 Total Cache bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Jangan lupa juga untuk membaca ulasan dari pengguna lain terleb ih dahulu. Ulasan dapat membantu kamu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari plugin cache tersebut. Kalau mimin dtail sendiri menggunakan WP Rocket Cache nih, kalau kamu apa sobat dtail? Terima kasih, semoga bermanfaat!

Artikel Lain

Hosting Murah